`

Wireless Fidelity (Wi-Fi) Part 1

Dalam perkembangannya, ternyata standar yang dibuat IEEE dengan 802.11-nya telah berkembang menjadi standar yang digunakan untuk Wi-Fi. Wi-Fi atau Wireless Fidelity merupakan teknologi WLAN yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11 yang memiliki frekuensi yang tinggi.

Wi-Fi yang awalnya ditujukan untuk pengguna perangkat nirkabel dan WLAN saja, bisa dibilang sebagai sertifikasi merek dagang yang diberikan pabrik kepada perangkat telekomunikasi yang bekerja di jaringan WLAN dan sudah memenuhi kualitas kapasitas interoperasi yang dipersyaratkan. Istilah Wi-Fi tidak hanya identik dengan IEEE 802.11, melainkan telah menjadi sebutan bagi standar IEEE lainnya, seperti IEEE 802.11.a dan 802.11.g.

Wi-Fi bisa juga beroperasi pada Wireless Metropolitan Area Network (WMAN) atau juga disebut Wi-Max, yang bekerja disekitar frekuensi 5 GHz. Istilah Wi-Fi menunjukkan adanya sertifikasi oleh Wi-Fi Alliance yang merupakan asosiasi internasional nonprofir 802.11 produk vendor.

Wi-Fi sertifikasi berarti bahwa produk 802.11 sudah dilakukan penetasan untuk mampu interoperabily dengan produk sertifikasi yang lain. Ini berarti Wi-Fi bisa digunakan dengan Wi-Fi cerified 802.11 networks yang berbasis MAC atau Windows-based networks.

Dengan semakin canggihnya teknologi, penggunaan Wi-Fi telah berkembang menjadi salah satu jaringan untuk mengakses Internet. Hal ini disebabkan karena adanya kemudahan dalam mengakses, dimana para pengguna (user) dapat mengakses Internet dalam satu area secara bersamaan tanpa perlu direpotkan dengan kabel dan pengguna pun dapat dengan mudah melakukan surfing atau browsing informasi di Internet hanya dengan membawa PDA (Pocket Digital Assistance) atau kartu nirkabel (wireless card) atau notebook berkemampuan Wi-Fi.

>> Wireless Fidelity (Wi-Fi) Part 2

Filed under:

Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

No Comments Yet to “Wireless Fidelity (Wi-Fi) Part 1”


Cyber NetBlog is proudly powered by Blogger
No Head Theme by Imancha. | Entries (RSS) and Comments (RSS).
Created by Human for Wordpress to Blogger Designed by Imancha.