`

Mode Jaringan

Jaringan wireless memiliki dua mode yang dapat digunakan, yaitu Ad-Hoc dan Infrastruktur Konfigurasi yang kedua mode jaringan ini penggunaannya bergantung pada kebutuhan pengguna. Sebenarnya jaringan WLAN hampir sama dengan LAN, tetapi WLAN menggunakan wireless device untuk berhubungan dengan jaringan dan untuk menunjukkan indentitasnya, WLAN menggunakan SSID, meskipun channel frekuensinya sama.

  • Ad-Hoc
Mode jaringan WLAN dengan Ad-Hoc sangat sederhana, karena tidak memerlukan access point (AP) untuk saling berinteraksi antara 2 atau 3 benda, asalkan setiap benda tersebut memiliki jaringan wireless. Jaringan Ad-Hoc dikenal juga dengan istilah peer-to-peer. 
Ad-Hoc pun memiliki kelemahan, dimana Ad-Hoc tidak bisa saling berinteraksi dengan komputer atau notebook yang menggunakan jaringan kabel. Jangkauan jaringan Ad-Hoc pun terbatas pada jarak antar kedua komputer atau notebook tersebut.
  •  Infrastruktur Konfigurasi
Mode jaringan infrastruktur konfigurasi merupakan jaringan yang memerlukan access point sebagai pengatur lalu lintas data pada WLAN atau LAN yang saling berinteraksi. Jika jaringan wireless ingin mengakses jaringan kabel yang biasanya diperlukan untuk menge-print, maka komputer atau notebook harus menggunakan mode jaringan infrastruktur. Pada mode ini, access point bermanfaat untuk melayani komunikasi utama pada jaringan wireless. Access Point mengakses data pada komputer atau laptop dengan jangkauan tertentu.

Filed under:
Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

No Comments Yet to “Mode Jaringan”


Cyber NetBlog is proudly powered by Blogger
No Head Theme by Imancha. | Entries (RSS) and Comments (RSS).
Created by Human for Wordpress to Blogger Designed by Imancha.