`

Merakit Antena Kaleng (Tin Can Antenna) Part 2

Kaleng 

Carilah kaleng-kaleng yang sudah tidak terpakai, seperti Quaker Outmeal, kaleng-kaleng susu instan, Twister Stick Snack, atau kaleng buah produk Cina.

Kaleng yang digunakan untuk tin can antenna
Bersihkan dan ratakan kaleng serta mulut kaleng agar tidak melukai tangan dan pastikanlah kaleng dalam keadaan bersih ketika melanjut ke tahap selanjutnya. Kemudian lubangilah kaleng tersebut dengan menggunakan obeng, pisau, atau paku, bisa juga menggunakan bor dengan jarak dari pinggir dasar kaleng sebesar jumlah ukuran yang sesuai dengan rumus,  yaitu 4,5 cm jika diameter kaleng sebesar 10 cm dan jangan terlalu besar atau kecil, disesuaikan dengan ukuran adapter USB.

Tabel mengenai jarak posisi adapter USB ke bagian bawah kaleng
Posisi lubang pada kaleng
Pengukuran kaleng untuk penempatan USB Wi-Fi
Untuk mendapatkan ukuran yang akurat untuk posisi USB Wi-Fi, software cantennator dapat membantu dalam pengukuran penempatan lubang pada kaleng dan bisa di-download secara gratis di internet.

Tampilan software cantennator
Contoh kasus : sebuah kaleng berdiameter 12,5 cm dengan frekuensi 2,4 Ghz.

Maka tulislah angka 125 dalam satuan mm, jadi 10 cm = 100 mm dalam kotak can diameter (diameter kaleng). Tulis pula frekuensi GHz dengan angka 2,4 (gunakan koma). Lalu klik (tekan) lah tombol "calculate". Hasil dari perhitungan yang didapat adalah panjang ideal sebuah kaleng sebesar 115,71 mm atau 11,5 cm. Ukuran lubang N-konektor dari belakang kaleng sebesar 38,57 mm atau 3,8 cm. Setelah melakukan pengukuran, maka lakukanlah penandaan posisi untuk adapter USB di kaleng.


Lakukan pelubangan pada kaleng dengan menggunakan pisau, paku, atau bor. Lubang tempat adapter USB janganlah terlalu kecil atau besar, diusahakan pas agar tidak longgar.

Proses pengeboran posisi USB Wi-Fi pada kaleng
Lubangi pula bagian belakang kaleng dengan bor di tengah-tengah untuk dudukan tiang penyangga antena kaleng.

Bagian belakang kaleng yang sedang di bor
Bagian belakang kaleng yang telah dilubangi
Merakit USB Wi-Fi pada kaleng.

Setelah itu, masukkan kabel USB kedalam lubang kaleng. Sisi-sisinya direkatkan dengan lakban atau isolasi, sehingga tidak ada udara yang masuk.

Kabel USB yang dimasukkan ke dalam kaleng
Langkah selanjutnya adalah menggabungkan USB Wi-Fi dengan kabel USB yang ada di dalam kaleng. Namun, sebelum itu ada baiknya user melakukan pemasangan penyangga di antena kaleng.

Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

No Comments Yet to “Merakit Antena Kaleng (Tin Can Antenna) Part 2”


Cyber NetBlog is proudly powered by Blogger
No Head Theme by Imancha. | Entries (RSS) and Comments (RSS).
Created by Human for Wordpress to Blogger Designed by Imancha.