`

Karakteristik Antena

Direktivitas (pengarah) antena ini merupakan perbandingan antara intensitas radiasi pada arah tertentu terhadap intensitas radiasi rata-rata pancaran. Dalam penggunaannya, direktivitas merupakan arah sumbu pancar yang maksimal dan terfokus seperti layaknya sorotan lampu senter ketik energi di lempar ke udara secara bebas.

Goin (penguat) antena merupakan antena yang terkait dengan kemampuan antena mengarahkan sinyalnya ke arah tertentu. Antena ini diperoleh dengan mengukur power pada main lobe dan membandingkannya dengan power yang ada pada antena referensi.

Pola Radiasi antena merupakan plot 3-dimensi distribusi sinyal yang dipancarkan oleh sebuah antena atau plot 3-dimensi tingkat penerimaan sinyal yang diterima oleh sebuah antena. Pola radiasi antena dibentuk oleh dua buah pola radiasi, yaitu pola elevasi dan pola azimuth. Kedua pola tersebut membentuk pola 3-dimensi, yang umum disebut pola radiasi antena dipol.

Spillover adalah sebutan untuk sinyal yang melebar keluar dari beamwidth ketika seharusnya sinyal yang dipancarkan oleh antena bergerak lurus mengikuti lebar beamwidth yang ada didalam main lobe.

Beamwidth (lebar pita frekuensi) antena merupakan daerah frekuensi suatu antena yang dibatasi oleh VSWR tertentu. Beamwidth merupakan perbandingan antara frekuensi atas dengan frekuensi bawah. Semakin kecil Beamwidth, semakin fokus sebuah antena dalam memancarkan power-nya. Semakin jauh power dalam main lobe, semakin jauh antena dapat berkomunikasi.

Filed under:
Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

No Comments Yet to “Karakteristik Antena”


Cyber NetBlog is proudly powered by Blogger
No Head Theme by Imancha. | Entries (RSS) and Comments (RSS).
Created by Human for Wordpress to Blogger Designed by Imancha.